Bukit Anjir Kemoneng: Wisata Baru Dekat Suramadu

Madura bukan hanya dikenal sebagai Pulau Garam, Tapi juga dikenal dengan berbagai spot wisatanya yang menarik. Salah satunya adalah Bukit Anjir Kemoneng, Tempat wisata baru yang lumayan dekat dari Suramadu.

Ada banyak wisata bukit di Bangkalan yang bisa kalian kunjungi untuk sejenak melepaskan rasa lelah di dunia pekerjaan, dan yang sekarang akan kita bahas adalah wisata bukit pendatang baru dari Desa Kemoneng.

Lokasi nya tidak terlalu jauh dari jembatan Suramadu, jaraknya hanya sekitar 7 Kilo Meter saja. Tempat ini akan sangat cocok bagi kalian yang suka dengan pemandangan Alam lepas.

Penasaran dengan panorama wisata di Bukit Anjir Kemoneng? Berikut rute lokasinya dan beberapa Fasilitas yang bisa kalian gunakan disana.

Rute dan Fasilitas di Bukit Anjir Kemoneng

Sebenarnya wisata bukit anjir ini sudah lama ada, namun baru diresmikan dan dibuka untuk umum sekitar tahun 2022 kemarin.

Memang masih tergolong sangat baru bagi sebuah tempat wisata, jadi tidak banyak fasilitas yang bisa kalian gunakan karena masih dalam proses pengembangan.

Akses jalan menuju ke bukit anjir juga tidak sepenuhnya bisa dikatan baik, ada beberapa ruas jalan yang belum diperbaiki tepatnya di Desa kemoneng itu sendiri.

Berikut saya berikan rute jalur akses menuju bukit anjir yang lumayan bagus.

Rute Lokasi Menuju Bukit Anjir Kemoneng

Rute Lokasi Menuju Bukit Anjir Kemoneng
Rute Lokasi Menuju Bukit Anjir Kemoneng

Jika kalian berangkat dari arah surabaya dan sekitarnya, kalian bisa gunakan penyebrangan jembatan Suramadu agar lebih cepat dan tidak macet.

Keluar dari pintu suramadu, kalian ambil jalan lurus saja sampai menemukan lampu merah perempatan pertama, Ambil jalur kanan makam kalian sudah bisa melihat plakat rute menuju bukit anjir.

Terus saja lurus, lalu di pertigaan pertama kalian bisa temukan belokan ke arah timur (kanan) masuk dan ikuti jalan tersebut. Jalan nya sedikit berbatu, Namun sebagian sudah diperbaiki.

Diujung jalan keluar jalan tersebut, kalian ambil jalur kiri menuju desa kemoneng. Tak jauh sekitar 700 meter nanti ada gapuro desa kemoneng di kanan jalan.

Masuk saja dan ikuti jalanannya, 1 kilo meter dari gapuro desa kemoneng kalian akan mulai menaiki pegunungan menuju lokasi tempat wisata.

Fasilitas di Wisata Bukit Anjir

Seperti yang sudah saya katakan diatas, fasilitas nya memang tidak terlalu lengkap karena masih dalam tahap pengembangan.

Untuk akses jalan kalian tidak usah hawatir, motor dan mobil bisa terus melaju ke atas bukit karena jalan nya sudah diaspal dan diberpbaiki.

Ada beberpa Spot foto yang bisa kalian gunakan untuk mengambil moment-moment penting dengan pemandangan yang luar biasa indah, apalagi kalau kalian kesana diwaktu pagi dan sore hari Sunset nya pasti kerasa banget.

Berkemah di Bukit Anjir
Berkemah di Bukit Anjir

Ada hamparan halaman yang luas dan bisa kalian gunakan untuk berkemah mendirikan tenda jika ingin bermalam disana.

Tidak ada tiket masuk yang harus dibayarkan, kalian cukup bayar parkir kendaraan saja kepada para petugas yang berjaga disana.

Tidak ada pedagang minuman ataupun makanan, kalian bisa menyiapkan semuanya dari bawah sebelum mulai menaiki bukit anjir kemoneng.

Tips Agar Tetap Aman Berwisata di Bukit Anjir Kemoneng

Banyak wisatawan dari luar Pulau Madura yang hawatir dengan keamanan nya saat berkunjung ke tempat-tempat wisata di Bangkalan.

Saya tegaskan, hal itu hanya rumor saja. Kalian bisa ikuti tips berikut ini agar tetap aman dan selamat sampai tujuan.

1. Jaga Sikap dan Etika

Ini bukan hanya di Madura, bahkan jika kalian ingin berkunjung ke daerah manapun sikap dan etika harus tetap dijaga, apalagi di Madura yang notabene nya masyarakat disana menjujung tinggi Etika.

Jadi agar perjalanan kalian aman dan selamat, sebisa mungkin menjaga sikap dan etika, baik di perjalanan menuju lokasi maupun di tempat wisata.

2. Sapa dan Hormati Masyarakat Sekitar

Disepanjang jalan menuju bukit anjir kemoneng, kalian akan banyak melihat masyarakat desa di pinggir-pinggir jalan desa.

Saya sarankan agar kalian menyapa walaupun sekedar pamit untuk menghormati masyarakat sekitar, karena hal tersebut juga merupakan budaya masyarakat sekitar.

3. Jaga Kebersihan Tempat Wisata

Kalian juga harus tetap menjaga kebersihan tempat wisata dengan cara tidak membuang sampah sembarangan yang bisa mengurangi nilai keindahan wisata bukit anjir tersebut.

Diperjalanan menuju bukit juga jangan sampai membuang sampah sembarangan, cari dulu posisi yang aman dan tidak ada perkumpulan masyarakat baru kalian buang sampah nya.

4. Dilarang Mes*m di Area Bukit

Masyarakat sekitar tidak akan mentolelir perbuatan tersebut, Jadi sebisa mungkin kalian harus menjaga sikap dan hindari perbuatan tidak terpuji itu.

Masyarakat disana masih kental keagamaan nya, mereka tidak mau hanya karena perbuatan 2 orang, dan yang terkena imbasnya masyarakat desa setempat.

5. Jangan Memancing Amarah Warga

Jangan sampai tindakan dan perbuatan kalian mengundang amarah warga sekitar bukit anjir kemong, sperti urakan diatas motor, atau geber-geber kenalpot di jalan desa.

Hal-hal semacam itu tentu akan memancing emosi warga, jadi tetaplah sopan dan menjaga etika agar perjalanan kalian aman dan selamat sampai tujuan.

Itulah pembasan mengenai Rute dan Fasilitas Bukit Anjir Kemoneng serta tips aman berwisata di daerah madura, semoga bermanfaat.

Jika kurang cocok dengan bukit anjir, mungkin kalian bisa coba kunjungi wisata bukit kapur jadih yang lokasinya tidak terlalu jauh juga dari jembatan Suramadu.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di rekomendasi wisata madura lainnya…

2 pemikiran pada “Bukit Anjir Kemoneng: Wisata Baru Dekat Suramadu”

Tinggalkan komentar